16 hours flight with 20mo anak bayik

Lanjutannya demikian.

Akhirnya tibalah H-1 hari sebelum keberangkatan. Oh ya, hal terpanik mamak adalah :flightnya siang..😭😭

Jadi, selama 20 bulan kehidupan si bayik ini sebenernya udh beberapa kali naik pesawat. Yatapi lokal alias mudik kemedan dan liburan kebali sama bapake. Kalau ya kemedan sih udah beberapa kali juga kami beduaan aja. Selain mamak punya senjata andalan yaitu ASI, mamak selalu ngambil flight paling pagi. Kira2 jam 5 atau jam 6 pagi. Kenapa? Biar anaknya masih ngantuk, jadi masih gampang dijejelin asi biar tepar ampe nyampe..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Nah jadi tiket awal kami yang Jakarta – London itu flightnya malam.jadi kan mamak mikirnya anaknya bakal tdr juga kan. Nah tiket reroute ini adanya siang dong, jam 11 siang saja saudara2. Jam2nya si bayi ON2nya. Jadi semalaman mamak udh galau menuju depresi memikirkannya. Nah kini tibalah kami di beberapa jam sebelum keberangkatan. FYI, kita bagai mau naik haji diantarin bapake, serta ompung (kakek nenek) si bayik dari mamaku dan mertua. Komplit pokoknya. Karna mereka masih shock tau bahwa kami jadinya berangkat berdua aja. Walaupun ntar setelah 6 hari tanteku dan sepupu nyusulin.

Ini penampakan kita sebelum masuk kedalam. Bapake kayanya lagi mikir “ini bini ama anak gw gimanalah nasibnya disana”. Si bayik mah ngga usah ditanya deh, happy2 aja dia kl udh ke bandara.πŸ˜‘ btw baru sadar pas liat foto ini, laki gw niat amat yak pake baju I ❀ PARIS.πŸ˜‚

NAH..

And the adventure begin..

Sebelumnya krn tau diri mamake emang bawaannya sesimple mungkin. Ngga ada tas bayi yg ditenteng2. Pegangan cuma kober ukuran kabin dan si bayik. Sama tas kecil diselempangin yang isinya pasport,tiket,duit,tisu basah,1 pampers dan powerbank serta HP. Sementara itu di koper kabinnya 1 sisi isinya blazer mamake dan set baju anake + jumper coat untuk ganti sebelum landing. Satu sisi lagi tas bayi yg biasa ditenteng. (ngga ada fotonya sayangnya.πŸ˜†) Beruntungnya kl bawa baby biasanya kita dikasih duduk di row paling depan, karna ada tempat untuk basinetnya (tempat tidur bayik). Di flight pertama jadi kami dari Jakarta menuju Doha. Kalau ngga salah 8 jam 30 menit. Di penerbangan ini pesawat full, kayanya sekalian rombongan yang mau umroh juga. Kami duduk di baris pertama kelas ekonomi, disamping kanan ada opa2 bule dan dikiriada opa2 lokal.

Kelakuan si ndeso. Langsung duduk dan pencet2 sambil setiap pramugari bule lewat dipanggilin “Mbaaak..mbakk..”πŸ˜‚πŸ˜‚

Si bayik sepanjang awal perjalanan ngeliatin si opa2 mulu. Mungkin dia bingung kali ya, kok beda ini opung. Handsome2 gimana gitu..😁 Dan untungnya ngga berapa lama kemudian, secara ajaib dia dong tidur😍😍😍😍😍 Awalnga dia tidur dipangkuan sih, tapi pramugarinya nawarin buat pasang basinet. Oh ya, sebelumnya dia nanya dulu berat badan anak, karna berat maximal yang bisa di basinett ini kl ngga salah 15 kilo, sementara si bayik saat itu beratnya 12kilo, jadi masih aman. Akan tetapi, mamak tetep cemas dong yes, secara kaya beda tiois gitu ngga sih 12 ke 15? Dan nancepinnya cuma dikunci pake skrupnya aja. Sbenernya sih itu udah aman banget, karna kan biasa kl safety di pesawat udah di uji coba berulang kali dan aman. Tapi tetep aja, kl anak gw bayi beneran mungkin gw lebih tenang nantinya.😁

Beginilah penampakan si bayik. Udah ngepas bgt kan? Kakinya aja nekuk. Anak gw mah kuyus tapi agak panjang, sering dicurigain kl penerbangan lokal. Dikirain udh diatas 2 tahun tapi beli tiket dibawah 2 tahun biar murce.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Oh ya, kalau pakai basinet ini kita tetap harus aware ya. Jadi misalkan ada guncangan, kita wajib mengangkat si anak dr basinet. Dan pemasangan basinet itu aetelah take off, jadi pesawat udh dalam kondisi stabil di udara, ngga dalam posisi sedang naik atau sedamg turun. Dan beberapa saat sebelum landing juga basinet sudah dicopot sama pramugarinya. Tapi intinya lumayan ngebantu banget lho sepanjang perjalanan. Nah setelah mamak yang tidur2 ayam, akhirnya kami sampai di Doha. Hal pertama yang membuat mamak menghentikan langkah setelah keluar dari belalai pesawat adalah “ebuset gede amat ini bandara, gw harus kemana” sambil 1 tangan gendong si bayik san 1 tangan narik koper kabin tadi, mamak udh siap2 jalan ngikutin bule2 yg satu pesawat tadi, gw curiga ini jurusannya sama. Baru 3 langkah melangkah , mamak dipangil ama mas2 yang naik buggy car. Ya Tuhan, aq mah Thanks God banget atuh. Mungkin dia iba yes ngeliat makemak udah ngga berbentukπŸ˜‚. Akhirnya dengan sedikit rasa sombong (dikit aja lho ya..1% paling) mamak duduk manis sambil liat2. Beneran emang lumayan lho ternyata jaraknya. Sampai akhirnya buggy car berhenti karna udah mentok jalurnya dia sampe situ aje. Mamak tetap harus jalan, tapi lumayan bangeeeet sis menghemat langkah. Nah kita di Doha transit cuma 30 menit. Dimana berarti akutuh harus buru2 yes untuk menuju boarding room berikutnya. Ditengah2 jalan menuju ke boarding room berikutnya, si bayik bangun dan ngga pake rewel langsung semangat jalan. Jadilah sempat foto2 yes.

Muka bantal yg baru bangun. Eh dek, kamu mau ke Riyadh?😁

Dan, setelah samoe di boarding room yang mana kami baru nyampe udh langaung masuk pesawat, si bayik berulah. Doi melakukan transaksi poopie dong. Dimana ngga mungkin ke toilet lagi krn udh harus masuk pesawat dan kl di pesawat kamar mandi bisa dipakai setelah di udara. Tapi ya saudara-saudari, aromanya itu ngalahin CHANEL No.5 lho. Jadi dengan tebal mukanya mamak minta ijin ke pramugarinya buat make toilet pesawat. Setelah buru2 ganti pampers dan refresh si bayik, kami menuju tempat duduk kami yang ternyata dioaling depan juga. Di barisan tengah ada 4 kursi. Di tiket mamak sih momernya kursi C, sementara E dan F udah diisi sepasang suami itri bule dengan anaknya yang kayanya seumuran si bayik. Beruntungnya, sampai pesawat mau take off, kursi D diaampingku masih kosong. Gimana ngga happy yes mamake dapet kursi gratisan. Mana si bayik udh sok2an ambil posisi PW duluan.πŸ˜‚ Untung ngga diusir.

Gaya2an sambil nonton.padahal mah nonton cartoon bisu, wong ngga pake headset.

Berawal dari cuek2an, akhirnya si kima kenalan ama bayik sebelah. Awalnya hate relationship tapi seiring berjalannya waktu menjadi LOVE. Sampe akhirnya anaknya ngemper di lantai main beduaan. Bayangkan perjalan selama itu pada kagak ada yg mau tidur. Disaat tetangga satu pesawat udh gelap semua tidur, ada suara 2 anak kecil ketawa cekikik2 (yes i know itu ngeselin banget). Akhirnya mamak ngalah. Ditengah rasa lelah yg luar biasa dan parno naik pesawat lama2, mamak memutuskan untuk berdiri dan gendong si bayik sambil di nina boboin. Akhirnya dia tidur dan tetangga juga tidur. Barulah mamak mencoba tidur juga yes. Namun apa mau dikata,ngga berapa lama kemudian dibagiin makanan dan ush mau sampai. Emang ngga rezeki tidur di pesawat yes. Tapi mamak emang udh ikhlas krn rencananya selama cuma bedua di paris ngga mau keluar hotel.takut.πŸ˜‚

Nggga berapa lama ada oengumuman akan landing, mamak langsung ambil koper dr kabin dan ambil kostum kami masing2. Secara bulan november akhir kan udh dingin yes, ditambah malam nyampenya, kira2 jam 10 malam kalau ngga salah. Mamak udah pesan taxi untuk jemput sejak dari jakarta, pesen taxi langganan sodara yg tinggal disana. Begitu landing langsung WA-an dan katanya dia udh sampai. Dan kami masih menanti koper gede.

Gini deh bentuk si bayik sambil nunggu bagasi. Dijamin hangat.

Untuk taxi dan orang yang jemput kami sangat rekomen. Mobilnya gede banget, bisa buat 7 orang beserta koper2nya. Orangnya ramah banget. Untuk yang perlu transport jemputan dari bandara ke hotel mauoum misalnya mau rame jalan2 rekomen banget. Kalau perlu nomernya boleh komen ke aku ya.😊

Gini penampakan dalam mobilnya ya. Jadi itu si bayik ngadep belakang, mamak ngadep depan. Jadi muat 7 orang mobilnya ya. 1 didepan 6 dibelakang.

Jadi yang jemput namanya Mr. Stephane. Beliau orang Filipin aslinya, tapi udah dari remaja menetap di paris. Dia baik banget. Enak diajak ngobrol dan mau banget ngasih info apa aja.. Berhubung waktu kita sampai itu jumat mala. Dan lagi black friday, jadi jalanan lumayan macet. Akhirnya setelah beberapa saat dimobil dari semangat sampai lemes krn macet dan ngga sampe2, akhirnya kami tibalah disuatu jalan yang ngga gede (muat 2 mobil) yang sepi. Pas liat, oh ini toh hotelnya. Nanti kalau nemu lagi nama hotel dan fotonya bakal di posting ya. Intinya kl sekilas mah kaya kecil bgt hotelnya. Terus kita udh disambut satu temennya mama dan juga bagai saudara di lobby hotel. Setelah ngurus check in dll, kami naik ke kamar. FYI, liftnya kecil bgt. Diisi mamake ama koper gede langsung oenuh. Terpaksa si bayik dititip dlu dibawah. Kamarnya terletak dilantai paling atas, jadi ada jendela di atap bagaikan film AADC gitu..Tentang hotel bakal aq posting terpisah ya.

Setelah cerita2 dan dibawain teko air hangat sama si tante, diapun pamit pulang. Gitu ya kekeluargaan kl di negara orang jadi berasa lebih hangat. Setelah si tante pulang maka mamak dan bayik pandang2an bingung mau ngapain.dia sih masih ngantukan gitu, etapi tetiba jam 4 pagi disana dia udh bangun. Dan ammak mau ngga mau juga jadi bangun. Jadi deh kita bedua nonton TV yang banyak banget iklan mainannya.😁 Sambil si bayik keep on saying “mau ma..mau ma”.

Ada anak bayik sok ngerti nonton TV. Ya ngerti dong mama, wong iklan mainan semuaaaa..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚